RAHIM PUTRA WAJO


BANK MANDIRI TUMBUH BERSAMA YOGYAKARTA DAN PELAJAR/MAHASISWA


Tentang Bank Mandiri

Bank Mandiri adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance dan Treasury & International Banking. Bank Mandiri pada saat ini memiliki anak-anak perusahaan untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Bank Sinar Harapan Bali (UMKM) serta Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan).

Bank Mandiri Bank Mandiri sampai September 2012 mempekerjakan lebih dari 24 ribu karyawan dengan 1.296 kantor cabang dan 7 kantor cabang/perwakilan/perusahaan anak di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 5.495 ATM, yang tersambung dalam jaringan ATM Link dengan jumlah total 14.822 ATM, Jaringan Electronic Data Capture (EDC) 42.728 unit serta electronic channels yang meliputi Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000. sumber : www.bankmandiri.co.id

Bank Mandiri dan Yogyakarta

Nagari Ngayogyakarto Hadiningrat, mendengar nama itu pikiran kita akan langsung tertuju kepada sebuah daerah yang terletak di sebelah selatan pulau Jawa yaitu Yogyakarta. Siapa yang tidak kenal dengan nama ini, kota yang terkenal dengan ramah tamah penduduknya, halus perangai, tingkah dan tutur kata warganya menjadikan kota ini dicintai oleh seluruh umat manusia yang datang untuk menyambanginya. Banyak gelar yang disandang oleh kota ini diantaranya Kota Gudeg, Kota Pelajar, Kota Keraton, Kota Revolusi dan diawal bulan Januari ini Sri Sultan Hamengku Buwono X mendeklarasikan kota Yogyakarta sebagai Kota Republik.

Pesona Yogyakartalah yang mungkin membuat bukan hanya turis saja yang betah berlama-lama di jogja, mahasiswa seperti saya pun pengen banget berlama-lama di jogjakarta.. Jadi tidak heran kalo anda mendapatkan bnyak mahasiswa yang kuliah sampai 8 tahun hanya untuk menggapai gelar S1 (contohnya saya). Sebutan Kota Pendidikan dan Kota Pelajar yang telah lama disandang kota ini memang bukan sekedar julukan biasa.. Jogjakarta merupakan tujuan utama mahasiswa dari luar Pulau Jawa untuk menimba ilmu. Ini bisa dilihat dari meningkatnya calon Mahasiswa tiap tahun yang datang ke Jogja. Tak dapat dipungkiri juga bahwa mahasiswa inilah yang juga menjadi pendukung sektor ekonomi bagi penduduk asli kota ini. Dari banyaknya kos-kosan dan tempat makan di Yogyakarta.
, kita dapat membayangkan betapa mahasiswa memang mempunyai andil yang besar dalam sektor ini. Di sini anda tidak akan kesulitan untuk mencari fasilitas-fasilitas buat Mahasiswa ataupun wisatawan, tempat belanja dekat, tempat Have fun juga dekat, tempat wisata pun berjubel jumlahnya.

Bank Mandiri di Yogyakarta bisa saya sebut mereka tumbuh bersama walaupun tidak lahir bersama. Kenapa demikian, karena banyaknya bank mandiri yang sekarang berdiri di kota istimewa ini dan memberikan kontribusi positif dan saling menumbuhkan. Ada sebuah simbiosis mutualisme antara keduanya. Yogyakarta sebagai kota yang selalu padat dikunjungi oleh pelajar/mahasiswa dan wisatawan baik itu nusantara ataupun mancanegara, tentunya sangat butuh perbankan seperti bank mandiri yang kuat dan terpercaya untuk menopang aktifitas Yogyakarta. Sebagian dari pendukung aktiiftas yang disedikan bank Mandiri saat ini misalnya :
  1. Mandiri KTA
  2. Mandiri KPR
  3. Mandiri Tabungan
  4. Mandiri Tabungan Rencana
  5. Mandiri Kartu Kredit
Dan sebaliknya Bank Mandiri sebagai Badan Usaha Milik Negara tentunya butuh dukungan Yogyakarta yang padat aktifitas manusia didalamnya untuk memanfaatkan peluang dan mendapatkan keuntungan bisnis. Terlihat dari banyaknya kantor-kantor cabang Bank Mandiri yang ada di Yogyakarta dan banyaknya nasabah baik dari masyarakat umum ataupun pelajar/mahasiswa.

Bank Mandiri Maju Bersama Pelajar/Mahasiswa Daerah se Indonesia di Yogyakarta.

Lalu kemudian jika ditarik lebih spesifik antara kepentingan Bank Mandiri dan Kepentingan Pelajar/Mahasiswa Daerah se Indonesia di Yogyakarta atau sebutlah sebagai kebutuhan mereka. Apa yang bisa dilakuakan untuk mendorong sebuah sistem kerjasama yang baik sehingga bermanfaat dan menguntungkan keduanya. Hemat saya dan ini sudah cukup lama terpikirkan bagaimana supaya Pemerintah Yogyakarta memiliki sebuah database lengkap dan resmi bagi seluruh pelajar/mahasiswa daerah yang menuntut ilmu di Yogyakarta dan yang telah menjadi alumni Yogyakarta dari berbagai kampus yang berbeda. Saya menyarankan kepada Bank Mandiri, Mahasiswa Daerah dan Pemerintah D.I.Yogyakarta mendorong lahirnya sebuah MoU kerjasama pembuatan sebuah Jogja Student Card (JSC) yang saya yakin dapat memiliki banyak manfaat, baik untuk Bank Mandiri sendiri, ataupun Pemerintah Yogyakarta dan Pelajar/Mahasiswa Daerah. Misalnya manfaat tersebut :
  1. Bank Mandiri akan lebih meningkatkan basis usahanya dan lebih dalam tumbuh bersama pelajar/mahasiswa daerah se Indonesia.
  2. Bank Mandiri secara nama akan sangat terkenal dikalangan pelajar/mahasiswa dan keluarga-keluarga mereka yang tersebar diseluruh Indonesia, bahkan dipelosok.
  3. Dan banyak manfaat lain bagi Bank Mandiri, sehingga slogan Bank Mandiri yang ada sekarang ini “Apapun Keinginan Anda, Mandiri Saja” lebih membumi dimasyarakat.
  4. Disisi lain Pemerintah D.I.Yogyakarta akan lebih percaya pada kemampuan Bank Mandiri.
  5. Pemerintah D.I.Yogyakarta pun akan mendapatkan keuntungan pajak dari pembuatan kartu ini melalui beban pajak bulanan ataupun beban pembuatan kartu.
  6. Dan paling penting pemerintah D.I.Yogyakarta akan memiliki sebuah data base lengkap atau sebuah kartu kontrol jumlah dan keberadaan mahasiswa dan alumni Yogyakarta yang tersebar di seluruh Dunia.
  7. Bagi pelajar/mahasiswa sendiri tentunya akan sangat memudahkan aktifitas-aktifitas yang berkaitan dengan masalah keuangan ataupun transaksi-transaksi lainnya di Yogyakarta ataupun seluruh Indonesia.
Demikian sedikit tulisan tentang Bank Mandiri, Yogyakarta dan Pelajar/Mahasiswa daerah yang ingin sekali saya realisasikan saat menjabat disebuah organisasi kedaerahan 2010 hingga 2012 kemarin, hanya saja karena keterbatasan, sehingga keinginan dan konsep ini tidak berjalan. Semoga Bank Mandiri dapat merealisasikannya segera.


ABD RAHIM,S.TP
081353642474
email : rahim_anaknusantara@yahoo.co.id

publikasi : Blogspot Rahimwajo.blogspot.com, Facebook Rahim Putra Wajo, Twitter Rahim Putra Wajo, Google Rahim Wajo, Yahoo Rahim, Blackberry Rahim Putra Wajo PIN : 211792A6, dll
 


0 Responses

Posting Komentar