RAHIM PUTRA WAJO


CUKUP LAMA TAK MENIKMATI MALAM MU JOGJAKU 


Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama suasana Jogja

Walau kini engkau telah tiada (tak kembali) tak kembali
Namun kotamu hadirkan senyummu (abadi)
Senyummu abadi, abadi…




Inilah lirik yang kira-kira sedikit menggambarkan kekaguman ku kepada Kota Yogyakarta, kota yang memberi ku pengalaman tak terhingga banyaknya. Tujuh tahun silam, tepatnya bulan Juli 2007 pertama kali saya hadir di Yogyakarta untuk menuntut ilmu usai menyelesaikan pendidikan SMA ku di daerah Kab.Wajo.

Lirik lagu ini pula lah yang memompa kembali rasa kangen terhadap suasana Jogja yang setiap hari sangat kunimati.



Dan sekarang aku telah meninggalkan JOGJA ku untuk beberapa waktu, entah bisa dibilang masih baru atau sudah cukup lama. Namun ada rasa kerinduan yang cukup dalam terhadapnya khususnya suasana malamnya yang selalu menghadirkan cerita-cerita dan pengalaman berharga baik dalam situasi sendiri menyelaminya atau pun bersama saudara, bersama sahabat-sahabat dan orang-orang baru yang kukenal. Baik dalam kegiatan pribadi atau pun kegiatan organisasi yang selalu memacu semangat untuk tetap berlama-lama di Jogja.

Saat ini jauh berbeda, kini aku hadir bersama cerita lainku di daerah Wajo. Lepas dari status merantau ke Tanah Istimewa Yogyakarta dan kembali ke Kab.Wajo tanah kelahiranku untuk mengabdikan diri. Mungkin untuk saat ini hanya untuk jangka waktu yang singkat saja, tapi rasa ingin terus berada disini dan mengabdikan diri lebih lama terus melucuti semangatku untuk kembali ke Yogyakarta. Namun demikian, rasa kerinduan itu semakin kuat dan ingin rasanya segera ke Yogyakarta walaupun hanya semalam saja disana.





Entahlah apa yang memacu ku untuk terus ingin ke Yogyakarta, bukan karena sebuah pekerjaan, bukan karena cinta atau seorang wanita, bukan karena adanya adik-adik disana, bukan karena studi S2 ku. Tetapi karena ingin menikmati suasana kebebasan yang terasa Nyaman dan Aman di suasana malam Yogyakarta.

Kabupaten Wajo tanah kelahiranku sungguh jauh berbeda dari segi apapun dilakukan perbandingan, walau sebenarnya Kabupaten Wajo pun punya potensi besar untuk berada sejajar dengan kualitas kehidupan yang Nyaman dan Aman.Kabupaten Wajo punya banyak hal yang bisa dikembangkan lebih jauh dan lebih baik, tapi hanya saja belum mendapat perhatian lebih dekat oleh Pemerintah Daerah dan kesadaran masyarakatnya.



Banyak hal yang telah kudapatkan, kutelaah, kupelajari, kurangkum dalam otak kecilku dan ingin sekali melihat tanah kelahiranku seperti Yogyakarta yang istimewa. Tentu perbandingan seperti ini, banyak orang yang pesimis, mencelah, dan bahkan tidak perduli dengan kondisinya. Namun ini memang harus bergerak perlahan dan pasti untuk menata kehidupan lebih baik di Kabupaten Wajo khususnya di Ibu Kota Kabupaten Sengkang.


Ah, terlalu jauh saat ini aku berkhayal antara Wajo dan Yogyakarta. Ingin menikmati suasana malam Jogjaku tapi keinginan besar itu kurasakan suasananya di Kabupaten Wajo. Entah berapa lama harus kunanti saat itu, mungkin saja ketika lamunanku telah berhenti. Yah, bisa saja. Hanya kerja keras dan tindakan yang mampu menghentikan lamunan. Namun hingga saat ini, aku pun masih berkhayal akan suasana malam Yogyakarta yang Nyaman dan Aman dan selalu memberi ketentraman dan keinginan untuk selalu menikmatinya hingga pagi. Berbeda dengan Kota Sengkang, yang jam 9 malam saja sudah sepi dan entah mau kemana menikmati malamnya. Ini tentu hanya kegelisahan sesaat saja, karena saya yakin suatu saat Wajo akan jauh lebih baik.



YOGYAKARTA

Ingin rasanya segera bersua menikmati malammu,

menjelajahi setiap sudut kota
bercengkrama dengan setiap orang dengan ramah dan santun
Menikmatim hingga pagi menjelang
Tanpa ada rasa takut
Karena aku tau engkau sangat Nyaman dan Aman



WAJO

Ku ingin engkau menata dirimu

Sehingga lebih ramah dan santun
Menata wajahmu lebih cantik
Sehingga setiap orang dapat merasakan jatuh hati padamu
Setiap kali melihat dan bercengkrama dengan mu.

Dan saat ini aku hanya ingin segera ke Yogyakarta walau hanya semalam saja, dan segera kembali ke Tanah Wajo untuk waktu yang tak terhingga, untuk sebuah project masa depan Wajo yang jauh lebih baik demi sebuah pengabdian putra daerah.


RAHIM PUTRA WAJO
081353642474


1 Response

Posting Komentar